Thursday, November 22, 2012

PT.Waskita Karya Bangun Konstruksi Air Senilai Rp 1,5 Triliun

Waskita Bangun Konstruksi Air Senilai Rp 1,5 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan konstruksi negara PT Waskita Karya (Pesero) merealisasikan pembangunan jembatan, bendungan, serta waduk bernilai sekitar Rp 1.5 triliun. Keempat proyek tersebut berlokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD).
"Tiga proyek tersebut dikerjakan melalui kontrak kerjasama operasi (KSO) senilai Rp 870 miliar, sedangkan sisanya yang ada di NAD dengan nilai proyek sekitar Rp 570 miliar dikerjakan Non KSO," ungkap Desi Arryani, Direktur Operasi I Waskita kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (21/11/2012).
Selain itu, perseroan juga sedang mengerjakan pembangunan jembatan Pedamaran 1 dan II yang berlokasi di Riau dilaksanakan 2 (dua) tahap. Durasi pertamanya dilaksanakan pada awal Desember 2008 hingga akhir Desember 2011, sedangkan tahap berikutnya mulai Juni 2012.
"Pembangunan Jembatan Pedamaran I dan Jembatan Pedamaran II untuk menghubungkan pulau Pedamaran dan melintasi Sungai Rokan di wilayah Kecamatan Bangko berguna sebagai pendukung jalan lintas pesisir pantai dapat diselesaikan tahun ini," kata Desi.

Bendungan raksasa

Pembangunan Bendungan Pandanduri dirancang sepanjang tiga kilometer dengan kebutuhan areal seluas 430 hektare. Bendungan ini didesain menggunakan sistem high level diversion yang mendatangkan air dari wilayah Kabupaten Lombok Barat.
Proses pembangunan bendungan tersebut sudah dilakukan sejak 29 Juni 2012 lalu, yang dikerjakan bersama Waskita Karya (51%) dan PT Brantas Abipraya (Persero). Pembangunan ini direncakan selesai pada Juni 2014.
Bendungan "raksasa" ini berlokasi di tiga desa dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur yakni Swangi, Terara dan Santong. Bendungan tersebut diperkirakan memiliki daya tampung air sebesar 23 juta kubik dan diharapkan dapat mengairi sawah daerah irigasi sebanyak 10.300 hektare lahan dan juga untuk mencukupi kebutuhan air bersih penduduk di tiga kecamatan dan 17 desa yakni sebanyak 138.106 jiwa.
"Selain itu, juga berguna untuk mengendalikan banjir dan pemenuhan kebutuhan air peternakan serta pengembangan wisata lokal," kata Desi.
Adapun untuk proyek pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, senilai sekitar Rp 447 miliar. Pembangunan waduk ini sudah mulai dikerjakan sejak November 2007.
"Kapasitas waduk ini mencapai 980 juta meter kubik, yang disiapkan untuk mengendalikan banjir hingga 14 ribu hektare, memenuhi kebutuhan air minum, irigasi, termasuk juga untuk pembangkit listrik. Kami berharap bisa selesai pertengahan 2013 nanti," jelasnya.
Untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Semarang Barat sebesar 1.050 meter kubik per detik dan membebaskan kota ini dari banjir rob yang terjadi pada 1990-an di Semarang Barat, PT Waskita Karya juga menargetkan proyek Waduk Jatibarang, Jawa Tengah. Pembangunannya ditargetkan selesai sekitar Januari 2014.
"Nilai proyek di waduk yang membutuhkan lahan 384 hektare ini sekitar Rp 203 miliar," kata Desi.
Rencananya, kapasitas waduk mencapai 20 juta meter kubik yang dihasilkan dari Kali Kreo, di sekitar tempat wisata Gua Kreo. Dengan kapasitas 230 meter kubik per detik, waduk ini akan dimanfaatkan untuk Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Pengendalian Banjir secara terpadu bagi Semarang.

Editor :
Latief

Sunday, November 11, 2012

Apa yang akan kita makan 20 tahun lagi?



Harga makanan yang tinggi dan meningkatnya populasi berarti kita harus memikirkan kembali apa yang kita makan, kata seorang ahli makanan masa depan. Jadi apa yang akan kita makan 20 tahun lagi?
Memang tidak langsung jelas apa yang menghubungkan Nasa, harga daging dan gelang kuningan, tetapi ketiganya memainkan peran dalam membentuk apa yang akan kita makan di masa depan dan bagaimana kita menyantapnya.
Harga makanan yang semakin mahal, populasi penduduk dan keprihatinan lingkungan hanya beberapa isu yang membuat organisasi-organisasi seperti PBB dan pemerintah khawatir mengenai bagaimana kita akan memberi makan diri kita di masa depan.
Di Inggris, harga daging diantisipasi akan berdampak besar pada pola makan kita. Beberapa pihak di industri makanan memperkirakan harga daging akan naik lima hingga tujuh tahun lagi, sehingga daging akan menjadi barang mewah.
"Di Barat, banyak orang yang dibesarkan dengan daging murah dan dalam jumlah banyak," kata ahli makanan masa depan Morgaine Gaye.
"Kenaikan harga berarti kita akan mulai melihat kembalinya daging sebagai makanan mewah. Akibatnya kita mencari cara baru untuk menggantikan daging."
Jadi apa penggantinya dan bagaimana kita menyantapnya?

Serangga
Serangga, atau akan dikenal dengan hewan ternak mini, akan menjadi salah satu makanan pokok kita, kata Gaye.
Serangga memberikan nilai nutrisi yang sama dengan daging dan merupakan sumber protein. Selain itu serangga juga murah, mengandung lebih sedikit air dan tidak memiliki banyak jejak karbon. Selain itu manusia bisa memilih dari 1.400 spesis serangga yang ada di dunia, demikian hasil penelitian Universitas Wageningen di Belanda.
Serangga itu akan diolah menjadi burger dan sosis serangga.
"Jangkrik dan belalang akan dihaluskan dan digunakan sebagai komponen dalam makanan seperti burger."
Pemerintah Belanda menginvestasikan banyak uang untuk mensosialisasikan serangga ke dalam pola makan utama. Belum lama ini Belanda menanamkan modal satu juta euro untuk penelitian dan mempersiapkan undang-undang yang mengatur peternakan serangga.


Makanan berteknologi sonar
Bunyi-bunyian ternyata berdampak pada rasa makanan, seperti hasil penelitian Universitas Oxford di Inggris.
Suara dan makanan telah lama menjadi eksperimen chef Heston Blumenthal. Restoran Fat Duck nya memiliki menu bernama Suara dari Laut yang dihidangkan dengan iPod memainkan suara-suara di tepi pantai. Suara itu dilaporkan membuat makanan terasa lebih segar.
Tetapi kini ilmuan berusaha menggunakan musik untuk menghilangkan bahan-bahan yang tidak sehat dari makanan tanpa disadari oleh konsumen.
"Kami tahu frekuensi apa yang membuat makanan terasa lebih manis," kata Russel Jones dari perusahaan riset Condiment Junkie yang meneliti efek suara pada makanan.
Perusahaan-perusahaan kini mulai menggunakan hubungan antara makanan dengan bunyi pembungkus. Semakin 'garing' bunyi pembungkusnya, konsumen akan merasa makanan itu lebih segar.

Daging yang dikembangkan di laboratorium
Awal tahun ini, ilmuan Belanda sukses memproduksi daging tabung, atau dikenal juga dengan daging buatan. Mereka menumbuhkan jaringan otot menggunakan sel punca dari sapi, yang konon mirip dengan cumi goreng tepung. Mereka berharap menciptakan "burger tabung" pertama akhir tahun ini.
Riset pertama daging tabung ini dibiayai oleh Nasa, kata ilmuan sosial Dr neil Stephens, yang berbasis di pusat riset Cesagen ESRC Universitas Cardiff. Mereka meneliti daging tabung untuk mengetahui jika daging itu bisa dimakan oleh astronot di luar angkasa.

Sepuluh tahun kemudian, ilmuan kini mempromosikan daging itu sebagai sumber protein hewani yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan.

Ganggang
Meski ganggang berada di dasar rantai makanan tapi ganggang dapat menjadi solusi masalah pangan di dunia.
Manusia dan hewan dapat mengkonsumsinya dan dapat ditanam di laut, bonus besar dengan semakin minimnya tanah serta air tanah untuk merawatnya. Ilmuan juga mengatakan bahan bakar bio dari ganggang dapat membantu mengurangi kebutuhan bahan bakar fosil.
Ganggang sudah lama menjadi makanan di Asia termasuk Jepang yang sudah memiliki banyak usaha pertanian ganggang.
Seperti juga serangga, ganggang juga dapat dimasukkan ke dalam makanan kita dalam bentuk bulir granula, granula itu kemudian dicampur dalam sosis bahkan keju.

Monday, October 22, 2012

Pembangunan di Asia Pasifik harus perhatikan lingkungan


Pembangunan ekonomi dengan memperhatikan lingkungan merupakan prasyarat utama bagi negara-negara dunia, terutama kawasan Asia Pasifik.
Beberapa tahun terakhir, negara-negara di Asia Pasifik tengah gencar meningkatkan pertumbuhan ekonomi, untuk mengentaskan kemiskinan. Tetapi disisi lain, kawasan juga harus merespon perubahan iklim yang terjadi.

Dalam laporan Badan PBB untuk Program Pembangunan UNDP Kawasan Asia Pasifik merupakan kawasan yang paling rentan terhadap perubahan iklim.
Pembangunan ekonomi di negara-negara kawasan Asia-Pasifik tengah dilakukan untuk memberantas kemiskinan, tetapi di sisi lain juga harus merespon perubahan iklim, seperti disampaikan dalam laporan Asia Pasific Human Development Report (APHDR) 2012, yang diluncurkan Kamis (10/5) lalu.
“Pilihan yang dibuat oleh Asia pasifik untuk mengurangi peningkatan karbon, akan berdampak kepada mempengaruhi dunia dimasa depan,” kata Ajay Chhibber, asisten sekjen PBB dan Direktur untuk Asia dan Pasifik UNDP.

Laporan itu juga menyebutkan negara-negara di kawasan Asia Pasifik memiliki komitmen untuk menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca.
Cina memiliki komitmen untuk mengurangi intensitas karbon PDB sebesar 40-45% pada tahun 2020 dibandingkan dengan tingkat pada 2005. Sementara ituIndiajuga memiliki target untuk mengurangi emisi PDB sebesar 20-25% pada 2020 dibandingkan dengan 2005.
Indonesia berkomitmen untukmengurangi emisi 26% pada 2020.
Komitmen Indonesia

Dalam peluncuran laporan UNDP di Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia mengedepankan pembangunan yang berwawasan lingkungan hidup.
Menurut presiden, Indonesia berupaya untuk menyeimbangkan antara kepentingan pembangunan ekonomi dengan kepentingan pelestarian lingkungan hidup.
“Pada tahun 2005, saya perkenalkan tiga pilar strategi pembangunan sosial-ekonomi yaitu pro-growth, pro-poor, dan pro-job, kemudian, sejak tahun 2007 kami tambahkan lagi pro-environment, berbagai kebijakan pemerintah yang dilandaskan pada keempat pilar ini, yang sejatinya adalah “sustainable growth with equity”,” tambah Yudhoyono.
Presiden menyebutkan pemerintah berupaya meminimalkan dampak pembangunan di perkotaan dan pedesaan terhadap perubahan iklim. Serta melakukan penghematan energi mulai Juni nanti.
Sementara itu, upaya pengurangan emisi karbon yang berasal dari pengelolaan sumber daya hutan dengan menerapkan skim Reducing Emission from Deforestation and Degradation Plus (REDD +) di berbagai wilayah Indonesia.

Direktur Program Climate dan Energi WWF Indonesia Nyoman Iswarayoga menyatakan upaya pemerintah untuk menurunkan emisi masih mendapatkan sejumlah tantangan, antara lain bagaimana mensinergikan pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang dengan memperhatikan lingkungan.

"Bagaimana menjamin ketersediaan sumber daya alam bagi kebutuhan domestik, menjaga daya dukung lingkungan agar tetap baik, memang kalau kita eksploitasi sekarang jangka panjang tidak akan baik," kata Iswarayoga.

Menurut dia, menyeimbangkan kepentingan daerah dan pusat juga tidak akan mudah karena kemungkinan kepentingan yang berbeda antara keduanya, meski ada juga pemerintah daerah yang memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan hidup dalam melakukan pembangunan.

Selain itu tantangan lain untuk kebijakan pembangunan yang berperspektif lingkungan adalah dinamika politik dipusat dan daerah, dimana pemilihan umum dan daerah dilakukan setiap lima tahun sekali.

Sunday, September 23, 2012

Hutama Karya Klaim Kontraktor yang Paling Banyak Bangun Jalan Tol

Jakarta - Ide tiga menteri, Dahlan Iskan Menteri BUMN, Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Menteri Keuangan Agus Martowardjojo untuk mengubah bisnis inti PT Hutama Karya menjadi perusahaan pengembang dan pengelola jalan tol, disambut baik manajemen HK.
Menurut Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Ari Widiantoro, pihaknya merupakan BUMN yang paling berpengalaman dalam proyek jalan tol. Namun selama ini HK hanya sebagai pelaksana, belum tercatat sebagai pemilik.
Atas amanat dari pemerintah ini, Hutama Karya siap menjawabnya dengan bukti nyata. "Itu kan penugasan dari pemerintah. Kami akan laksanakan. Kami selama ini memang sudah membangun jalan tol, mungkin yang terpanjang di Indonesia," katanya kepada detikFinance, Minggu (23/9/2012).
Ia menambahkan, kajian pembangunan dan pengelolaan jalan tol trans Sumatra masih dilakukan manajemen. Termasuk estimasi biaya yang diperlukan serta tarif tol saat seluruhnya beroprasi.
"Seluruhnya masih dikaji. Rute yang hendak dibangun. Saat tol jadi bisa saja dijual atau lainnya," tambahnya.

Dahlan sebelumnya memang menyebut telah menugasi HK untuk mengembangkan jalan tol, khususnya di pulau Sumatra. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) yang sebelum diberi amanah dianggap lamban karena proyek tol trans Sumatera tidak feasible.
Ruas tol sepanjang 1.980 km ini akan melintasi Aceh hingga Lampung. Dahlan juga yakin ditangan HK proyek akan selesai lebih cepat dibandingkan Jasa Marga."Jalan tol itu selesai dalam 6 tahun dengan perusahaan ini," tempo hari.
Ari menuturkan, proyek menjadi pengelola jalan tol adalah pembelajaran, layaknya PT Citra Marga Nusapala dan PT Bakrie Toll Road yang sebelum tidak berpengalaman. "Banyak orang berpengalaman. tinggal rekrut aja," imbuh Ari.
(wep/hen)

Friday, July 13, 2012

Mengenal Higgs Boson, si "Partikel Tuhan"


Partikel penyusun materi dan interaksinya sesuai yang dideskripsikan dalam Model Standar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman penemuan partikel yang konsisten dengan Higgs Boson atau sering disebut-sebut sebagai partikel Tuhan pada Rabu (4/7/2012) disambut kegembiraan banyak pihak.
Para ilmuwan, tak terkecuali Stephen Hawking, memberi ucapan selamat kepada Peter Higgs, ilmuwan Inggris yang merumuskan keberadaan Higgs Boson. Sementara itu, media internasional memberitakan penemuan ini besar-besaran, mengulasnya dari berbagai sisi.
Tapi di antara keramaian ucapan selamat dan pemberitaan, tersisa banyak orang yang belum mengetahui apa sebenarnya Partikel Tuhan. Pemberitaan Partikel Tuhan malah membuat dahi mengernyit.
Suharyo Sumowidagdo, ilmuwan Indonesia yang turut serta dalam perburuan Partikel Tuhan di Large Hadron Collider (LHC) Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir (CERN) mengurai beberapa hal mendasar tentang penemuan Partikel Tuhan tersebut.
Berikut uraian Suharyo yang dikirimkan lewat email kepada Kompas.com, Kamis (5/7/2012) kemarin.
CERN menyatakan bahwa partikel yang ditemukan adalah boson, tetapi belum tentu Higgs boson. Sebenarnya, apa itu Higgs boson dan apa pula boson?
Boson adalah nama untuk partikel-partikel yang cenderung menggerombol dengan partikel-partikel sejenisnya sendiri. Higgs boson adalah boson yang juga berinteraksi dengan partikel-partikel lain penyusun materi dan menyebabkan partikel-partikel lain penyusun materi tersebut memiliki massa (alias berat).
Penemuan Higgs boson dikatakan mampu menutup lubang dalam Model Standar Fisika Partikel. Sebenarnya, apa itu Model Standar Fisika Partikel? Apa yang dinyatakan dalam model tersebut?
Model Standar Fisika Partikel merupakan sebuah kerangka kerja teoretik yang mendeskripsikan partikel elementer di alam semesta.
Partikel-partikel ini adalah partikel-partikel penyusun materi, partikel-partikel perantara interaksi antar partikel materi, dan Higgs Boson.
Kecuali Higgs Boson, semua partikel dalam Model Standard sudah ditemukan. Lubang di sini adalah: hasil-hasil penelitian dan pengukuran eksperimen semuanya sesuai dengan prediksi teoretik Model Standard, sehingga secara tidak langsung mengindikasikan adanya Higgs Boson.
Catatan : Model Standar menyatakan bahwa partikel penyusun materi terbagi menjadi dua tipe, yaitu quarks dan lepton. Setiap tipe memiliki 6 jenis partikel. Sementara itu, partikel perantara interaksi antar materi (force and carrier) disebut boson. Masing-masing boson membawa gaya sendiri, gluon membawa gaya kuat, foton membawa gaya elektromagnet W dan Z boson membawa gaya lemah dan graviton membawa gaya gravitasi. Higgs boson menentukan massa.

Apa kaitan Model Standar fisika Partikel, Higgs boson dan pembentukan alam semesta?
Higgs Boson merupakan partikel yang memberikan massa kepada materi. Sementara dalam pembentukan alam semesta (proses kosmologi), gaya gravitasi merupakan gaya yang berperan paling penting dalam skala kosmik. Namun gravitasi terjadi karena partikel memiliki massa.
Catatan : Jika massa tidak ada, maka atom takkan terbentuk. Selanjutnya, unit yang leboh besar seperti molekul, planet, galaksi. bintang dan semesta juga takkan terbentuk.
Secara sederhana, bagaimana sebenarnya proses pencarian Higgs boson oleh CERN?
Akselerator LHC di CERN menumbukkan proton dan proton pada energi dan intensitas tinggi. Dalam setiap tumbukan, terjadi proses penciptaan partikel-partikel. Kebanyakan partikel-partikel yang tercipta adalah partikel-partikel yang sudah sering/sudah ditemukan. Namun dalam setiap sekian juta/milyar tumbukan, terciptalah Higgs boson.Sekarang fisikawan harus menyaring Higgs boson yang tercipta setiap beberapa sekian juta/milyar tumbukan itu dari produk-produk lain.
Apakah dengan penemuan kemarin maka misi CERN mencari Higgs Boson sudah selesai?
Belum selesai! It is only the beginning. Belum jelas apakah ini adalah Higgs Boson sebagaimana diprediksi dari Model Standard atau dari teori fisika baru di luar Model Standard.
Apakah dengan penemuan Higgs boson maka pembentukan semesta bisa dijelaskan dengan gamblang? Atau tetap masih menyisakan misteri?
Sebagian misteri akan terkuak, namun masih ada misteri tersisa. Proses inflasi dalam kosmologi hingga saat ini masih misHiggsterius dan belum diketahui pasti detailnya, sebagai contoh.

Apa saja dampak penemuan Higgs boson?
Ini memberikan pengetahuan baru yang fundamental tentang alam semesta di mana kita hidup. Begitu fundamentalnya sehingga pengetahuan ini akan mengubah pengetahuan fisika untuk seterusnya setelah ini.


Editor :
Tri Wahono

Friday, July 6, 2012

Ini Dia 10 Proyek Raksasa Pemerintah Indonesia / This is the 10 big projects of the government of Indonesia

http://finance.detik.com/kanal/4/ekonomi?

Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) meluncurkan buku rencana proyek kerjasama pemerintah dan swasta atau PPP Book 2012. Buku tersebut berisikan 58 proyek infrastruktur andalan pemerintah. "Proyek tersebut diusulkan oleh kementerian dan pemerintah daerah sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK)," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana, di kantornya, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (4/7/2012).

1. Jembatan Selat Sunda

Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera ini terletak di Provinsi Lampung dan Banten. Panjang jembatan ini diperkirakan 27,4 km yang melintasi Selat Sunda.
Perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini mencapai US$ 25 miliar atau sekitar Rp 225 triliun.Diharapkan proses pembangunan proyek ini dimulai pada tahun 2012-2014, konstruksi awal pada tahun 2015 dan mulai beroperasi pada tahun 2025.


2. Jalan Tol Pekanbaru-kandis-Dumai di Riau


Jalan tol ini menghubungkan Pekanbaru dengan kota industrinya, Dumai yang menghasilkan minyak kelapa sawit, karet, dan kelapa. Panjang jalan tol ini 135 km dengan total proyek ini sebesar US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 16,2 triliun dengan biaya pembangunan sebesar US$ 1,7 miliar dan biaya pembebasan lahan sebesar US$ 97,44 juta.Proses pembangunan diharapkan bisa mulai pada tahun ini dengan waktu pembangunan sekitar 3 tahun dari tahun 2014-2016 sehingga bisa beroperasi pada tahun 2017.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara 2x600 MW di Sumatera Selatan



Pembangunan proyek ini untuk memenuhi permintaan listrik di Jawa-Bali yang tumbuh 7,9 persen per tahun dan sebagai tambahan kapasitas 3.500 MW/tahun pada tahun 2011-2020.Perkiraan anggaran untuk pembangunan proyek ini adalah US$ 1,6 miliar atau Rp 14,4 triliun.Persiapan pembangunan proyek ini dilakukan pada tahun 2011-2012, pembangunan dimulai pada tahun 2014 hingga 2017 dan mulai beroperasi akhir tahun 2017.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Air Karama di Sulawesi Barat



Proyek ini menghubungkan bagian Barat dan Selatan Sulawesi Grid dengan menggunakan tenaga sungai Karama di Sulawesi Barat. Listrik yang dihasilkan sekitar 450 MW.Nilai investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek ini sebesar US$ 1,33 miliar atau sekitar Rp 11,97 triliun.Rencananya, proses pembangunan proyek ini akan dimulai tahun ini dengan awal konstruksi tahun 2014 hingga 2017, dan mulai beroperasi pada akhir 2017.

5. Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur
Jalan tol ini merupakan proyek konektivitas dengan negara ASEAN. Panjang jalan tol ini adalah 99,4 km.Total investasi pembangunan proyek ini adalah US$ 1,33 miliar atau Rp 11,97 triliun dengan rincian biaya pembangunan sebesar US$ 1,2 miliar dan biaya pembebasan lahan sebesar US$ 133,3 juta.Proses pembangunan jalan ini dimulai 2012 hingga 2014, konstruksi dilakukan pada tahun 2015 hingga 2017, dan mulai beroperasi pada tahun 2017.

6. Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Jawa Barat


Pembangunan jalan tol ini sangat mendesak mengingat mulai berkembangnya kawasan pinggiran timur Bandung. Panjang jalan tol ini adalah 58,5 km.Total investasi proyek ini adalah US$ 1,12 miliar atau Rp 10,08 triliun dengan rincian biaya pembangunan sebesar US$ 1,02 miliar dan biaya pembebasan lahan sebesar US$ 108,6 juta.Persiapan pembangunan jalan tol ini dimulai tahun lalu hingga 2013. Diharapkan, konstruksi pembangunan dimulai pada tahun 2014 hingga 2015 sehingga bisa beroperasi pada tahun 2015 juga.

7. Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara 2x400 MW di Jambi


Pembangkit listrik ini untuk memenuhi kebutuhan listrik Pulau Sumatera yang tumbuh 10,2 persen/tahun.Perkiraan investasi pembangunan pembangkit listrik ini sebesar US$ 1,04 miliar atau atau sekitar Rp 9,36 triliun.Persiapan pembangunan ini dilakukan sejak tahun lalu hingga tahun ini. Diharapkan, konstruksi pembangunan bisa mulai dilakukan 2015, dan beroperasi hanya 2 tahun dari tahun 2018 hingga 2019.

8. Jalan Tol Serpong-Balaraja, Banten

Pembangunan jalan tol ini sangat dibutuhkan karena begitu cepatnya perkembangan di kawasan sekitar Tangerang. Tol baru ini akan menghubungkan tol Jakarta-Serpong dan tol Tangerang-Merak sehingga kawasan selatan Jakarta ini bisa saling terhubung.Panjang jalan tol ini adalah 36,3 km dengan total investasi sekitar US$ 866 juta atau sekitar Rp 7,8 triliun. Rinciannya, sebesar US$ 687 juta untuk pembangunan jalan tol dan US$ 179 juta untuk pembebasan lahan.Rencananya, pada tahun 2012-2014 proses persiapan pembangunan, sementara konstruksi dimulai tahun 2015 hingga 2017, setelah itu jalan tol ini pun dapat mulai beroperasi.

9. Jalan Tol Terusan Pasteur-Ujung Berung-Cileunyi-Gedebage di Jawa Barat


Pembangunan jalan tol sepanjang 27,3 km ini guna mengurangi kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut.
Total investasi pembangunannya sebesar US$ 839,44 juta atau sekitar Rp 7,6 triliun dengan rincian biaya pembangunan sebesar US$ 688 juta dan biaya pembebasan lahan sebesar US$ 151,4.Persiapan pembangunan dilakukan tahun 2012-2014, konstruksi dimulai tahun 2015 hingga 2017. Setelah pembangunan rampung, jalan tol ini dapat segera beroperasi.

10. Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara 1x600 MW di Sumatera Selatan


Pembangunan proyek ini untuk memenuhi permintaan listrik di Jawa-Bali yang tumbuh 7,9 persen per tahun dan sebagai tambahan kapasitas 3.500 MW/tahun pada tahun 2011-2020.Total investasi pembangunan proyek ini sebesar US$ 780,8 juta atau sekitar Rp 7,03 triliun.Persiapan pembangunan dilakukan sejak tahun lalu, konstruksi pembangunan dilakukan tahun 2014 hingga 2017, sehingga bisa beroperasi akhir tahun 2017.

Kamis, 05/07/2012 08:40 WIB by: <Ramdhania El Hida - detikfinance>

Friday, June 29, 2012

Siri vs. Google Search (Jelly Bean)


Perintah suara yang disematkan ke dalam Google Search seakan menantang eksistensi Apple Siri yang sudah lebih dulu melenggang. Seperti apa kecerdasan keduanya saat berhadapan?

Wednesday, June 13, 2012

Belum Jelas Keamananya, Jembatan Siak III Buat Masyarakat Galau - Suara Riau.com

SUARAriau.Com - Belum Jelas Keamananya, Jembatan Siak III Buat Masyarakat Galau - Suara Riau.com



"Jadi, Jembatan Siak III dapat dinyatakan aman apabila sudah diperbaiki dan diuji beban sebesar 300 ton. Kemudian setelah uji beban berhasil baru dapat dinyatakan aman," jelas Ahli Teknis Sipil Guru Besar UIR ini.
Sugeng menambahkan, Jembatan Siak III masih dapat dilewati untuk kendaraan maksimal 20 ton, namun beliau juga tidak dapat menjamin keamanan jembatan dengan kapasitas muatan kecil tersebut.
"Jadi tidak boleh dikatakan aman, tapi pada kondisi mobil penumpang tidaklah. jembatan itu harus wajib dipakai oleh kendaraan yang menurut spesifikasi. Kalau ada misalnya kebakaran ada huru-hara siap dilewati kendaraan-kendaraannya yang kekuatan mempunyai spesifikasi yang tinggi," dalihnya.
Sementara itu, Ketua Asosiasi Kontraktor Seluruh Indonesia/ Aksi Riau, Syakirman mengatakan, kontraktor pelaksana dan Dinas PU harus bertanggung jawab terhadap cacatnya Jembatan Siak III.
"Karena sesuai dengan prosedur sebelum diserah terimakan harusnya sudah diuji apakah sudah sesuai spesifikasi jembatan. Kalau ini kan tidak, setelah diserah terimakan baru ada masalah, baru diuji dan inilah yang tidak benar," jelasnya.
Rustam warga Rumbai yang setiap hari melalui jembatan siak III untuk pergi bekerja, saat ditemui suarariau.com mengaku bingung dengan keamana jembatan tersebut, terkadang disaat membaca berita, jembatan itu aman tapi ada lagi yang menyebutkan jembatan itu tidak aman. Akhirnya kita pengguna jalan merasa was-was, apalagi seperti dirinya yang setiap pagi hari pasti melalui jembatan ini.
Menurutnya jika jembatan tersebut memang tidak layak, sebaiknya pemerintah mengatakan hal yang sebenarnya sehingga jembatan tersebut tidak digunakan lagi, dan biarlah jembatan tersebut menjadi tempat pacaran saja seperti yang diceritakan orang-orang. namun jika jembatan layak sebaiknya jangan ada berita yang mengwatirkan kami (SI)


Ini Bukti Jembatan Siak III Bermasalah, Kementrian PU Minta Pemrov Menutup Total Jemabatan Siak III
RABU, 31 OKTOBER 2012 21:38 SUARARIAU

PEKANBARU.SR – Meski baru di resmikan, namun keberadaan jembatan Siak III menjadi polemik di DPRD Riau, pada akhirnya masyarakat juga yang menjadi kuatir saat melewati jembatan tersebut. Namun sepertinya kecemasan masyarakat sudah mulai terjawab, pasalnya berulang kali Anggota DPRD Riau meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk menutup jembatan tersebut, akhirnya Pemprov Riau melalui Assisten II Setdaprov Riau Emrizal Pakis menyatakan jembatan Siak III akan ditutup untuk perbaikan.
Emrizal juga mengatakan selama penutupan jembatan Siak III, tentunya beban jembatan Siak I akan bertambah. Oleh sebab itu jambatan Siak II diharapkan menjadi alternative sementara sebagai penghubung Pekanbaru kota ke Rumbai.
Penutupan jambatan Siak III tidak menjadi masalah dan beberapa waktu yang lalu juga sudah dilakukan perbaikan di beberapa titik dan saat itu juga dilakukan penutupan. Namun secara tekhnis tidak mengganggu dan kalau hari ini ada perbaikan kembali itu juga dibeberapa titik bukan secara total dan mungkin saja saat ini dilakukan penguatan terhadap jembatan Siak.
‘’Jikapun dilakukan penutupan secara total, maka Dinas PU harus tetap mencarikan alternatif sebagai pintu keluar. Jembatan Siak II salah satu arternatifnya yang nantinya tidak membuat jembatan Siak I bertambah bebannya,’’harapnya. Rabu (31/10).
Sambungnya, jembatan Siak I secara umur sudah tergolong tua, jadi bebannya juga harus di kurangkan untuk itu pintu masuk dan keluar harus dibagi saat penutupan jembatan Siak III. Jadi diminta kepada masyarakat untuk memakluminya karena nantinya harus berputar untuk melewati jembatan Siak II, tapi ini untuk keselamatan bersama.
‘’Misalnya Siak II bisa dijadikan alternatife dan masyarakat diarahkan kesana untuk menuju ke Rumbai, memang sepertinya terlalu mutar-mutar namun demi safety tidak apa-apa,’’ujarnya.

Penutupan total jembatan Siak III ini berdasarkan hasil rapat antara Kementrian PU bersama PT. Waskita Karya di Jakarta yang menyatakan bahwa jembatan Siak III harus di perbaiki oleh pihak PT. Waskita karya. Sedangkan Dinas PU Riau diminta oleh Kementrian PU untuk menutup total seluruh aktivitas jembatan Siak III selama satu bulan dimulai pada minggu kedua dibulan November 2012.

KAMIS, 28 JUNI 2012 18:57

RIAU.SR - Ketua Komisi C DPRD Riau, mengungkapkan bahwa jembatan Siak III harus segera diperbaiki secepatnya. Pasalnya, berdasarkan hasil pertemuan Komisi C dengan Menteri Pekerjaan Umum beberapa waktu yang lalu, awal Juli proses pengerjaan Jembatan Siak III akan segara dimulai dan berakhir hingga akhir pertengahan Agustus.
"Kita akan secepatnya melakukan proses pengerjaan. Selain itu, kita juga menimbang pelaksanaan PON sebentar lagi. Awal Juli ini akan segera diselesaikan. Dan direncanakan Agustus akan selesai,"ungkapnya, Kamis (28/6).Ketika ditemui suarariau.com digedung DPRD Riau.
Selain itu, kata Ketua Komisi C DPRD, menurut Kementerian PU, kontraktor yang harus bertanggung jawab dalam hal ini. Sementara dewan sendiri mengusulkan tidak ada penambahan anggaran untuk perbaiki Jembatan Siak III tersebut. Sedangkan proses pengerjaan tawarannya akan dilakukan pada malam hari atau ditututp aksis selama sepuluh atau dua puluh hari kedepan.“Untuk penambahan anggaran kita tegas tidak ada lagi. Menurut Kementerian PU itu yang bertanggung jawab adalah pihak kontraktor. Kemudian untuk penutupan akses akan dilakukan 10 hari hingga 20 hari kedepan,"ujarnya lagi.
Ia menambahkan, proses perbaikan hanya pada empat buah hanger yang dihawatirkan tidak mampu menopang badan jembatan. Sedangkan cember jembatan yang melengkung tidak dilakukan perbaikan, tapi hanya ditutupi saja, karena cember badan jembatan itu tidak ada pengaruhnya terhadap beban jembatan. Saat ini kekuatan jembatan sekitar 160 ton. Menurut kementriuan PU maksimal beban jembatan Siak III itu bisa mencapai 222 ton.
“Kalau cember yang melengkung itu tidak ada pengaruhnya terhadap beban jembatan. Yang akan dilakuakn perbaikan hanya empat hanger penopang badan jembatan. Menurut kementrian PU beban maksimal jembatan itu mencapai 222 ton,” katanya.(SI)

SELASA, 11 DESEMBER 2012 15:55 SUARARIAU

RIAU.SR - Jembatan Siak III yang menjadim polemik karena dianggap tidak layak dan dikuatirkan akan memakan korban sampai saat ini nyatanya belum juga di perbaiki. Padahal beberapa waktu lalu pihak Kementrian Pekerjaan Umum (PU) melalui Dinas PU Riau menyatakan akan memperbaikinya.
Pihak Dinas PU Riau beralasan bahwa hingga saat ini belum merima Guiden Book (buku petunjuk) untuk pembongkaran jembatan Siak III. hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas PU Riau SF. Haryanto kepada awak media.
"Karena kan tidak sembarangan untuk membongkar konstruksi jembatan tersebut," ucapnya.
Saat di beber wartawan kapan pastinya akan dilakukan perbaikan, SF hanya mengungkapkan secepatnya. Namun pastinya menunggu petunjuk dari Kementrian PU baru perbaikan bisa dilakukan karena itu yang kita harapkan."Mudah-mudahan secepatnya, kita harapkan begitu,"tuturnya.
Pemberitaan sebelumnya, banyak kalangan yang cemas dengan keberadaan jembatan Siak III karena jembatan yang baru diresmikan tersebut melengkung akibat ada empat hanger yang dipasang tidak sesuai. Dari Kecemasan tersebut, Dewan pun mengecam dan meminta untuk segera diperbaiki.
Namun pihak PU Riau mengaku untuk melakukan perbaikan harus berdasarkan buku petunjuk dari Kementria PU. Pihak PU pun beberapa waktu lalu sempat menyampaikan akan menutup jembatan tersebut untuk dilakukan perbaikan namun hingga saat ini perbaikan tak kunjung terlihat di jembatan tersebut. (AYU)